Senin, 25 November 2013

Fobia...

Rasa takut adalah hal yang wajar dan manusiawi, namun yang terpenting adalah bagaimana kita menyikapi rasa takut tersebut, kita hadapi ataukah lari, semua tergantung dari kondisi di lapangan. Namun ada kalanya ketakutan menjadi tidak wajar dan irasional, kita mengenalnya dengan sebutan fobia.

Fobia dalam bahasa Inggris disebut phobia yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu phobos, yang berarti ketakutan. Ada artikel yang mengatakan bahwa setiap orang memiliki fobia terhadap sesuatu. Saya pribadi fobia terhadap kolam yang gelap, alasannya adalah karena saya takut diserang oleh ikan hiu dan gurita raksasa. Aneh? Maka dari itu dikatakan bahwa ini ketakutan yang tidak wajar.

Banyak alasan yang lucu saat kita bertanya kepada fobia seseorang. Saya memiliki teman yang fobia terhadap balon dan kupu-kupu. Pemeran utama film "Merantau (2009)" adalah seorang fighter yang dapat menghajar banyak orang namun takut dengan kerupuk.

Apakah fobia bisa diobati? Bisa asal ada kemauan. Cobalah berpikir dengan akal sehat maka fobia itu akan perlahan menghilang, yang penting adalah ada kemauan dari dalam diri kita. "Tidak ada ikan hiu yang muncul secara tiba-tiba di kolam renang", itu adalah mantra saya untuk menghadapi fobia saya.

Fobia sangat merugikan kita. Aktifitas kita terhambat hanya karena sesuatu yang sebenarnya tidak perlu kita takutkan. Namun apakah yang seharusnya kita takutkan? Dosa! Tetapi sayangnya kita lebih berani bermain-main dengan dosa daripada dengan hal-hal yang sebenarnya tidak menakutkan.

Dosa bearkhir dengan maut, seharunya itulah yang menjadi ketakutan kita. Saat kita hidup di dalam dosa maka kita akan kehilangan hadirat TUHAN, tanpa TUHAN maka hidup kita akan tanpa arah dan berakhir dalam kekekalan yang hampa.

Mari hari ini kita sama-sama belajar untuk membenci dosa dan mencari hadirat TUHAN. Tentang fobia kita? Mari kita doakan agar kita disembuhkan, karena tidak ada yang mustahil bagi TUHAN.

Roma 6 : 23
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

IMMANUEL!!!


untuk pertemanan follow
Twitter : @DavidHimapastra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar