Sabtu, 08 September 2018

No Way Out!

Ada yang sedang mengalami masalah? Atau lebih spesifik mungkin masalah keuangan? Hutang Anda jatuh tempo? Ya, terdengar sangat tidak menyenangkan bahkan sangat menyebalkan.

Saya pun saat ini sedang di dalam badai. Saat ini saya bekerja di bidang kontraktor dan banyak hutang yang sudah jatuh tempo tetapi karena kemurahan Tuhan saya dijinkan untuk diberi kelonggaran waktu dengan bunga yang cukup besar namun bersyukur dengan adanya hal tersebut perusahaan saya masih bisa bernapas. Dan saat ini di dalam pekerjaan pun ada banyak sekali kendala dan setiap hari saya bergumul dan berpikir untuk solusi-solusi apa yang harus saya ambil. Saat ini, saat menulis artikel ini, saya merasa sangat bersemangat karena saya sudah melakukan semua yang saya bisa namun kabar buruknya semua pintu tertutup. Mengapa demikian? Mungkin beberapa orang akan menganggap saya gila dan tidak rasional. Saya membantah jika dikatakn gila, tetapi saya setuju jika dikatakan tidak rasional, kerena 5 roti dan 2 ikan memberi makan 5000 orang juga tidak terdengar rasional sama sekali.

Roma 8:28
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Seperti yang saya katakan pada artikel-artikel sebelumnya, badai boleh datang, asalkan kita bersama Tuhan kita pasti akan dibawa dari satu kemuliaan ke kemuliaan berikutnya. Kuncinya ada pada ayat di atas, yaitu kata "mengasihi Dia".

Allah akan selalu turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi anak-anak Nya. Pertanyaannya adalah apakah kita benar-benar mengasihi Dia. Matius 6:33 berkata bahwa kita harus mendahulukan Kerajaan Allah dan kebenarannya maka semua akan ditambahkan kepada kita. Itu adalah janji Tuhan dan kita harus percaya bahwa janji Tuhan itu iya dan amin, semuanya pasti akan digenapi.

Jika benar demikian, mengapa banyak orang-orang percaya harus mengalami hal-hal buruk dalam hidupnya?

Yohanes 9:2-3
Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya, sehingga ia dilahirkan buta?"
Jawab Yesus: "Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.

Ada beberapa masalah yang timbul dari dosa. Tuhan kita adalah kasih, tetapi dia juga adil, tetap ada konsekuensi dari setiap perbuatan kita. Namun ada beberapa persoalan yang memang Tuhan ijinkan terjadi untuk pekerjaan Tuhan. Dan bila Anda adalah pengikut Kristus dan hingga hari ini Anda masih belum keluar dari masalah, maka ingatlah bahwa Anda memang dipilih untuk pekerjaan Allah, berbanggalah.

Tuhan tidak sudak orang yang malas, bahkan Paulus pun berkata bahwa orang yang malas janganlah ia makan. Maka kunci kedua adalah kita sudah berusaha. Jika masalah datang dan kita hanya merenunginya maka jengan berharap ada mujisat terjadi, dan kalaupun itu terjadi itu adalah kasih karunia.

2 Korintus 12:9
Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

Kuncinya adalah kita sudah berdoa dan berusaha. Jika memang kita masih ada dalam masalah, mungkin memang Tuhan ingin kita berada di titik terlemah dimana kita sudah tidak bisa mengandalkan siapapun dan apapun kecuali mengandalkan Tuhan.

Itulah mengapa saya bersemangat saat ini. Saya belum tahu apakah tujuan semua masalah ini dan bagaimana akhirnya. Yang saya tahu adalah saya sudah berusaha sebaik mungkin dan saya akan tetap percaya dan mengandalkan Tuhan. Bagi dunia ini adalah hal yang tidak rasional, tetapi saat dunia tidak memiliki solusi dan menyerah maka saya akan memilih bertahan dan berjalan dengan Tuhan, karena bagi Dia lah hidup kita dan biarlah pekerjaan-pekerjaan Nya yang ajaib dinyatakan dalam hidup kita. Amin.

Immanuel!
Tuhan Yesus memberkati!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar