Senin, 05 November 2012

Belajar Mendengar Suara Tuhan...


Banyak kesaksian-kesaksian bahwa di dunia ini beberapa dari kita manusia diberikan karunia dan kesempatan untuk bisa berbicara langsung dengan Tuhan secara audible, menurut saya itu adalah pengalaman yang pastinya sangat menyenangkan dan berharga. Saya tidak tahu apakah itu benar atau tidak, namun yang saya tahu adalah tidak ada sesuatu yang tidak bisa Tuhan kita wujudkan, apalagi kalau hanya sebatas berbicara dengan Dia secara audible.

Pastinya kita semua ingin bisa memiliki pengalaman tersebut, lalu bagaimana caranya? Saya pun tidak tahu, karena sampai sekarang ini pun saya belum pernah berbicara dengan Tuhan secara audible. Tetapi saya akan bagikan apa yang saya tahu.

Yohanes 15:7
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Jawabannya sangat sederhana, yaitu "minta". Hubungan kita dengan Bapa adalah seperti ayah dan anak. Jika apa yang kita minta memang berguna, baik, dan bersifat membangun pasti akan diberikan, asal kita benar-benar tinggal di dalam Dia. Sama hal nya dengan kesempatan untuk bercakap-cakap dengan Tuhan. Kunci nya adalah kita tinggal di dalam Dia dan firman Nya tinggal di dalam hidup kita.

Bagaiman caranya untuk bisa tinggal di dalam Dia? Yaitu dengan menerima Tuhan Yesus sebagai juruselamat pribadi hidup kita. Lalu bagaimana agar firman Nya bisa tinggal di dalam hidup kita? Ya tentunya kita harus meningkatkan frekuensi kita membaca dan mendengarkan firman Nya. Tetapi sayangnya banyak dari kita ingin mengenal Dia tetapi malas membaca Alkitab.

Yohanes 1:1
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Alkitab adalah firman Allah, jadi akan sangat aneh jika kita ingin mendengar suara Tuhan tetapi malas membaca Alkitab.

Bayangkan jika kita memiliki satu idola, katakanlah seorang artis, tentunya kita ingin mengenalnya lebih jauh lagi mulai dari mencari tahu jati dirinya, membaca biografinya, menonton film-film yang dia perankan, dan sebagainya. Bagi beberapa orang yang benar-benar nge-fans akan berusaha menjalin komunikasi dengan idola mereka lewat media sosial dan jika memungkinkan mereka akan mencari cara untuk bisa bertemu langsung dengan idolanya.

Apakah kita juga demikian terhadap Tuhan kita? Belajar mengenal siapa sebenarnya Yesus, membaca Firman, menjalin komunikasi yang intim lewat doa setiap saat, dan melakukan segala hal yang dapat menyenangkan hati Tuhan? Jika kita ingin mendengar suara Tuhan tetapi tidak memiliki kerinduan untuk benar-benar mengenal Dia, maka motivasi kita sudah salah. Bagaimana kita bisa mendengarkan suara Tuhan jika kita tidak memiliki kerinduan dan usaha untuk mengenal Dia?

Namun kabar baiknya adalah sekalipun kita tidak memliki kerinduan untuk mengenal Dia, tetapi Dia tetap rindu bisa melihat kita kembali kepada Dia. Marilah kita bersama renungkan apa yang jauh lebih penting di dunia ini daripada pengenalan akan Tuhan? Jika saat ini kita masih memiliki motivasi yang salah mari kita bersama-sama instropeksi diri dan berdoa meminta kepada Roh Kudus untuk membantu kita kembali kepada motivasi yang benar, yaitu kerinduan akan hubungan yang intim dengan Dia.

Saat kita intim dengan Dia, maka kita pun akan mudah untuk mendengarkan suara Tuhan, melalui doa dan penyembahan, baik lewat suara hati kita ataupun secara audible...

TUHAN YESUS menyertai...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar