Minggu, 22 Januari 2012

Happy Chinese New Year...

Orang Tiong Hoa memiliki adat dan budaya untuk berkumpul bersama keluarga pada saat tahun baru Cina. Selain untuk menjaga rasa kekeluargaan, juga ada tradisi untuk membagikan Hong Pao, bagi yang sudah menikah kepada kerabat-kerabatnya yang lebih muda.
Seringkali timbul pertanyaan dari teman-teman saya, mengenai boleh atau tidaknya kita sebagai orang Kristen untuk merayakan IMLEK. Dan tidak hanya bukan hanya IMLEK, tetapi masih banyak lagi upacara-upacara adat dari berbagai suku dan bangsa yang juga menjadi pertanyaan antara boleh atau tidaknya kita merayakannya.
Sebenarnya merayakan suatu adat dan budaya itu sah-sah saja, tidak jauh beda dengan kita merayakan tahun baru dan juga hari kemerdekaan. Jika dipersempit mengenai IMLEK, adalah saat pergantian musim dingin ke musim semi, sehingga tidak heran jika IMLEK selalu dihiasi oleh pohon-pohon dengan daun berwarna merah. Bahkan banyak sisi positif yang dapat kita dapatkan dari budaya IMLEK.
Berkumpul bersama keluarga sangat baik untuk tetap mengingatkan bahwa kita memiliki keluarga dan rumah untuk saling berbagi. Tradisi membagikan Hong Pao juga baik, itu sama dengan kita membagi berkat kita kepada sesama, bahkan di Alkitab pun dituliskan di dalam Amsal 19:17, "Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu.".
Tidak ada masalah bagi kita untuk merayakan IMLEK atau upacara adat lainnya, yang terpenting adalah kita tidak melakukan penyembahan-penyembahan kepada allah lain selain Allah kita di Sorga.

Selamat Tahun Baru Cina,
GONG XI FA CAI,
Tuhan Yesus memberkati... =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar