Kamis, 09 Februari 2012

Tinggal Satu Langkah Lagi...

Alkisah dua orang penambang emas, yang satu adalah orang tua yang sudah berumur di atas 50 tahun dan telah menghabiskan waktu lebih dari 20 tahun bekerja sebagai penambang emas, dan satu lagi adalah anak muda yang lebih bertenaga dan bersemangat. Sampai suatu ketika mereka bertemu di dalam suatu tambang dan saling memperdebatkan siapa yang boleh mengerjakan tambang tersebut. Namun akhirnya orang tua itu mengalah dan membiarkan anak muda itu mengerjakan tambang tersebut. Satu minggu berselang, anak muda itu menyerah dan berkata kepada penambang tua katanya, "Aku sudah menghabiskan waktu 1 minggu untuk menggali dan tidak kutemukan tanda-tanda keberadaan emas, aku menyerah, ini hanyalah tanah kosong", dengan tenang orang tua itu masuk ke dalam tambang tersebut dan dengan sekali gali, dia menemukan emas, dan semakin digali semakin banyak emas yang ditemukan terkubur di dalam tanah bekas galian anak muda tersebut.

Seperti itulah hidup, kita tidak pernah tau apa yang ada di depan kita. Begitu pula cara kerja Tuhan dalam hidup kita. Bagaikan penambang muda dalam cerita di atas, kita menggali tanpa kita tau apakah benar ada emas di sana, dan saat kita terus mencari dan tidak menemukan jawaban mulailah muncul masalah, keraguan dan akhirnya menyerah. Berbeda dengan penambang tua yang bijaksana, dia tidak memiliki kekuatan (talenta) seperti anak muda tersebut, namun satu hal yang dia miliki dan lebih besar dari anak muda tersebut adalah harapan (iman).

Yesaya 55:8
"Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN."

Kita boleh merencanakan sesuatu namun Tuhan tetaplah yang punya hak untuk mengambil keputusan akan hidup kita. Jadi yang terpenting dalam hidup ini adalah kita berjalan menurut kehendak Nya, terus berusaha yang terbaik, dan selalu menyerahkan harapan dan iman kita hanya kepada Nya.


Pada saat kita mulai lelah dan ingin menyerah, ingatlah bahwa tinggal satu langkah lagi maka kita akan melihat mujizat Tuhan dinyatakan pada kita,
Tuhan Yesus memberkati... =)

3 komentar: