Kamis, 27 Desember 2012

MERRY CHRISTMAS 2012 - Better Life...


Merry Christmas 2012!

Di Natal yang indah ini saya rindu ingin membagikan sesuatu yang juga saya dapatkan dari gereja saya, dan saya sangat diberkati dengan apa yang akan saya tulis di bawah ini.

Terima kasih saya ucapkan kepada EvAntakirana yang telah memberkati saya dengan firman yang beliau sampaikan dan memberi inspirasi kepada saya untuk penulisan kali ini.

Semua manusia pasti ingin memiliki hidup yang jauh lebih baik daripada hidup yang kita miliki saat ini. Kalaupun hidup saat ini sudah sangat baik, pasti akan lebih bahagia lagi jika masih dapat menjadi lebih baik lagi. Manusia memang diciptakan sebagai makhluk yang terbatas tetapi tetap pada dasarnya kita diciptakan segambar dan serupa dengan ALLAH yang tidak terbatas, sehingga wajar saja jika manusia selalu tidak puas dengan segala keadaan yang ada.

Ada 4 hal yang akan kita pelajari untuk bisa mendapatkan hidup yang lebih baik.

1. Belajar Memberi
Suatu kali ada seorang anak yang kelaparan di hari yang begitu dingin. Dan setelah memberanikan diri akhirnya anak ini mengetuk satu pintu dengan tujuan meminta segelas susu hangat. Akhirnya dibukakanlah pintu dan muncullah seorang gadis dan oleh belas kasihan akhirnya diberilah segelas susu kepada anak yang kelaparan itu. Setelah puas minus dia mengambil beberapa uang receh dari sakunya dengan maksud ingin membayar namun ditolak oleh gadis tersebut. Setelah beberapa tahun lamanya, sang gadis ini masuk ke rumah sakit dan harus menjalani operasi, singkat cerita dia sembuh, namun masalah kedua adalah dia bingung bagaimana dia harus membayar biaya pengobatannya. Akhirnya tiba hari dimana dia harus keluar dari rumah sakit dan melunasi tagihan, dengan perlahan dia membuka amplop kwitansi tersebut dan betapa kagetnya dia karena di lembar kwitansi tersebut ada stempel LUNAS dan note kecil dengan tulisan "dibayar lunas dengan segelas susu".

Kisah di atas adalah sebuah kisah yang true story yang dialami oleh Dr. Howard Kelly. Di dalam matematika dunia orang yang memberi akan semakin kekurangan dan orang yang menerima akan semakin kaya, namun hal ini tidak berlaku di dalam hukum matematika kerajaan sorga, firman TUHAN berkata melalui KIS 20:35 ".......... Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima", sudah pasti ayat ini bukan ditulis tanpa sebab, tetapi memang itulah yang dikehendaki oleh TUHAN kita yang dimana DIA juga lebih dulu memberikan nyawa NYA bagi kita.

Amsal 11 : 24-25
Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan. Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.

2. Berpikir Positif
"If you think you can, you can". Jika kita aktif dan senang mengikuti training motivasi, hal ini akan sering kita dengar. Sebenarnya hal ini bukanlah hal baru, namun Alkitab sudah lebih dulu mengajarkan hal ini.

Filipi 4 : 8
Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Saat kita berpikir positif maka hidup kita pun akan berjalan dengan positif. Di profesi saya dunia asuransi, kesempatan untuk berkarir terbuka dengan lebar, banyak orang yang mendaftarkan dirinya, namun tidak lebih dari satu bulan maka kita bisa melihat hanya beberapa yang bertahan, dan lewat pengalaman yang saya alami sendiri bahwa dalam satu tahun saya bekerja, hanya tinggal satu orang teman seangkatan saya yang bertahan hingga saat ini. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Kembali lagi dalam pikiran kita. Saat kita sudah merasa putus asa dan berpikir tidak bisa, maka kita pun akan kehilangan semangat untuk memperjuangkannya, sebaliknya jika kita merasa diri kita bisa dan berpikir bahwa pekerjaan kita akan menjadi berkat bagi orang lain maka kita pun akan memiliki semangat untuk berjuang.

3. Berkata-kata Positif
Dunia ini terjadi oleh "kata-kata" yang keluar dari ALLAH. Percaya atau tidak, tetapi kata-kata yang keluar dari mulut kita ini sangatlah memberi dampak bagi orang lain. Pujian akan membuat orang lain bersemangat, namun kata-kata cemooh akan dengan mudah menurunkan semangat orang lain. Perang selalu dimulai dengan pertengkaran kata-kata yang akhirnya memberikan dampak yang negatif bagi banyak orang.

Yakobus 1 : 19
Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;

Kata-kata yang keluar dari mulut kita ini sangatlah berbahaya, oleh sebab itu kita harus benar-benar bijaksana dalam berkata-kata. Firman TUHAN pun mengingatkan kita untuk lebih banyak mendengar dibandingkan berbicara. Saat saya keceplosan berbicara kasar, kakak rohani saya pernah berkata satu hal kepada saya sambil tersenyum, "Hei, mulut yang kamu pakai barusan sama dengan mulut yang kamu pakai untuk memuji TUHAN".

4. Bersyukur
Hal terakhir untuk memiliki hidup yang lebih baik adalah selalu mengucap syukur. Kisah Yusuf adalah pembelajaran terbaik tentang mengucap syukur. Karena iri hati dari kakak-kakaknya maka Yusuf dijual dan sampai kepada rumah Potifar. Karena sikapnya yang selalu bersyukur akan keadaannya dan tidak pernah mengelu dia menjadi kepercayaan Potifar. Saat difitnah dan masuk ke dalam penjara, dia menjadi kepercayaan kepala penjara. Dan karena sikapnya yang baik dan selalu bersyukur pula, akhirnya ALLAH memberinya kesempatan untuk bertemu Firaun dan akhirnya menjadi orang nomer dua di Mesir pada jaman itu.

Definisi bersyukur adalah sepakat atas apa yang telah terjadi, saat ini terjadi, dan apa yang akan terjadi. Jadi apapun yang terjadi kita harus tetap mengucap syukur.

1 Tesalonika 5 : 18
Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.



Mari kita sama-sama belajar empat hal di atas, sehingga di tahun 2013 yang sebentar lagi akan kita masuki akan menjadi tahun yang penuh berkat baik bagi kita dan bagi sesama kita.

SELAMAT NATAL 2012!
TUHAN YESUS selalu menyertai kita...

untuk pertemanan follow @DavidHimapastra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar