Rabu, 09 Mei 2012

Berinvestasi Yang Aman...

Jika Anda seorang pengamat financial, maka Anda pasti banyak mendengar berita tentang runtuhnya pasar saham. Saya pribadi adalah seorang financial planner, dan berita baru-baru ini cukup membuat nasabah was-was untuk berinvestasi. Bukan hanya di luar negeri, namun harga saham-saham di Indonesia pun sedang dalam keadaan turun. Biasanya orang-orang akan berlari ke logam mulia seperti emas yang dipercaya akan selalu naik, namun jika kita amati lagi, harga emas hari ini masih sama dengan harga emas di bulan Juni 2011 lalu. Bahkan yang lebih mengejutkan dibandingkan dengan awal tahun kemarin, harga emas hari ini adalah lebih rendah.

Apakah Anda masih berpikir emas sebagai tempat investasi yang aman?

Matius 6:21
Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

Tulisan di atas sebenarnya bisa menjadi bumerang bagi saya sebagai financial planner sekaligus tenaga penjual untuk produk-produk investasi. Namun saya ingin berkata apa adanya. Bukan saya anti investasi, namun diperlukan sebuah pengetahuan yang dalam sebelum kita berinvestasi. Mulai dari memperlajari lebih dahulu perusahaan tempat kita untuk berinvestasi, lalu bagaimana uang kita dikelolah. Tidak perlu sampai mendetail namun yang penting kita tahu bahwa uang kita memang diinvestasikan di tempat yang aman dan dikelolah oleh tenaga yang memang profesional dalam bidangnya.

Emas, saya ingin singgung sedikit tentang logam mulia ini. Harga emas memang sedang naik-turun, cukup membingungkan untuk berinvestasi jangkah pendek, namun untuk jangkah panjang emas masih cukup menjanjikan karena emas juga disebut sebagai mata uang global. Coba pikirkan, negara mana yang tidak mau menerima emas?

Saya pernah beberapa kali berinvestasi karena sebuah iming-iming imbalan atau return yang sangat besar. Justru untuk promosi macam ini lah kita harus extra hati-hati. Dan pengalaman adalah guru terbaik, saya pernah kehilangan uang saya dari perusahaan macam itu, jadi berhati-hatilah, setidaknya pengalaman saya bisa jadi pelajaran buat kita semua dalam memilih perusahaan investasi.

Dan tempat yang paling tepat untuk berinvestasi adalah di sebuah tempat yang dimana tidak ada ngengat dan karat serta pencuri pun tidak dapat membongkar serta mencurinya, yaitu kerajaan SORGA. Sudahkah kita berinvestasi di sana?

Matius 6:19-20
Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.

Tuhan Yesus memberkati...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar