Senin, 28 Mei 2012

Sehat Jasmani dan Rohani...

http://www.facebook.com/TuhanSelaluBukaJalan


1 TImotius 4:8


Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

Teman kantor saya berinisial G memiliki berat badan 96 kg dan tinggi badan 174 cm. Kita sama-sama memiliki berat badan yang tergolong overweight dan itu membuatnya tidak pede. Akhirnya saya dan teman saya mengambil suatu komitmen untuk berolahraga. Kita memulainya bersama-sama namun ada perbedaan antara saya dan teman saya. Dalam hal olahraga kita memiliki porsi yang sama, namun dalam hal menjaga makanan teman saya jauh lebih disiplin. Pagi dia hanya mengkonsumsi buah-buahan, siang dia mengkonsumsi beras merah dan daging dada ayam tanpa garam, malam hari dia mengkonsumi buah-buahan lagi, dan untuk mengganjal rasa lapar pada jam kerja dia membawa roti gandum, dan hal itu dia lakukan sampai berbulan-bulan. Tiga bulan setelah itu, saya mendapati berat badan saya berkurang 4 kg, namun teman saya dapat membakar 22 kg dan dia mendapatkan tubuh yang sangat ideal.

Butuh sebuah ketekunan untuk memiliki tubuh yang sehat dan ideal, mulai dari disiplin dalam berolahraga serta disiplin dalam pola makan kita. Bagi saya yang memiliki hobi makan itu adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Mungkin tidak harus sampai seperti teman saya namun setidaknya kita bisa mulai mengurangi makanan-makanan yang kurang dibutuhkan oleh tubuh ini, misalkan saja makanan beku dan makanan cepat saji.

Survey mengatakan bahwa dengan tubuh yang sehat maka pikiran kita juga akan bekerja dengan lebih sehat. Kenapa, karena tubuh ini memang memiliki hubungan satu sama lain. Ingat pepatah, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Demikian pula dalam hal kerohanian. Untuk memiliki kerohanian yang sehat pun kita membutuhkan yang namanya ketekunan. Tidak mudah untuk kita memilih Alkitab dibandingkan dengan blackberry atau laptop kita, tidak mudah untuk kita memilih pergi ke Gereja dibandingkan dengan mall atau rekreasi dengan teman-teman kita. Susah, tapi Roh Kudus akan selalu memampukan kita selama kita mau belajar taat dan disiplin.

Mulailah untuk kita biasakan membaca Firman di pagi dan malam hari. Ikuti persekutuan dengan Tuhan secara rutin, dan jangan lupa luangkan waktu kita untuk bersaat teduh dengan Tuhan. Kalau ada yang merasa itu susah mari minta bantuan Roh Kudus untuk mempukan kita maka akan tiba saatnya itu menjadi hal yang menyenangkan. Bersekutu dengan Tuhan, pasti akan sangat menyenangkan.

Kesehatan jasmani penting namun kesehatan rohani jauh lebih penting...
Kesehatan jasmani akan membuahkan tubuh yang sehat,
namun kesehatan rohani akan membuahkan tubuh yang kekal,
Tuhan Yesus memberkati...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar