Rabu, 15 Agustus 2012

Bisnis Adalah Pelayanan...

http://www.facebook.com/TuhanSelaluBukaJalan

Apakah orientasi Anda dalam melakukan bisnis?

Saat saya merenungkan pertanyaan di atas, jawaban saya tidak jauh dari "uang" dan "profit". Hal ini wajar karena kita semua bekerja memang untuk kelangsungan hidup kita dan keluarga, dan untuk kelangsungan hidup itulah kita butuh yang namanya uang.

Suatu kali saya bertemu seseorang bapak yang kaya raya. Rasanya enak sekali mendengar orang kaya bercerita tentang bisnisnya, apapun bisa dia lakukan karena dia memiliki uang atau modal yang sangat besar, namun untuk menjadi kaya bukan berarti tidak ada pengorbanan. Masa lalunya sangat bertolak belakang dan perjalanan hidupnya sangatlah keras hingga dia bisa sampai seperti sekarang ini. Dan saat saya bertanya bagaimana resep untuk hidup diberkati, dia menjawab dengan simpel, "Kerja itu harus cerdik, jangan seperti orang kebanyakan. Dan yang terutama kita harus berserah kepada Tuhan Yesus. Sukses bukan karena kerja keras, tetapi karena IMAN".

Bisnisnya sangat banyak, dan salah satu bisnis terbarunya adalah cafe. Dia memiliki dua cafe di Surabaya dan salah satunya terletak di sebuah ruko dan di lantai atas dia membangun warnet. Desain interiornya sangat bagus, begitu pula dengan warnet nya, dia memilih komputer dengan kualitas yang sangat bagus. Tapi anehnya harga dari cafe dan warnet yang dia jual sangatlah murah, dan sebagai seorang financial saya merasa sedikit ada kesalahan dalam pengelolahan ini. Kembali dia menjawab, "Pastinya saya sudah menghitung. Dan mau untung atau rugi itu semua berkat dari Tuhan, yang terpenting adalah saya bisa memberikan penghidupan bagi karyawan-karyawan saya."

Saya tertarik dengan motivasi bapak yang satu ini. Dia membangun suatu bisnis untuk membantu dan memberikan penghidupan bagi orang lain. Dan kenyataannya adalah bahwa bisnis yang dia bangun sangat diberkati. Profit yang dia ambil memang kecil tetapi ramainya luar biasa, sehingga omsetnya pun terus meroket.

Amsal 19:17
"Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu."

Tuhan sangat suka dengan orang yang peduli terhadap sesamanya. Dan Tuhan tidak akan tinggal diam kepada orang-orang yang seperti itu. Firman Nya dalam Matius 25:45 berkata "Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.". Saat kita melakukan sesuatu untuk orang lain bahkan musuh kita sekalipun, kita sudah melakukannya untuk Tuhan.

Kembali lagi dalam hal berbisnis. Saat orientasi kita adalah uang dan profit, maka kita sudah benar. Tetapi jika ingin lebih diberkati maka orientasi kita dalam berbisnis adalah win-win solution, dimana kita sebagai penjual barang ataupun jasa boleh mengutamakan kepentingan pembeli, atau lebih tepatnya kita berbisnis untuk membantu orang lain. Bisnis yang jujur dan tulus akan membuat usaha kita diberkati, dan bukan hanya dalam hal materi tetapi juga dalam segala aspek kehidupan kita.

Apakah orientasi Anda dalam melakukan bisnis?

Tuhan Yesus memberkati kita semua...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar