Kamis, 03 Januari 2013

Bersatu Membangun Komunitas Kerajaan SORGA

http://www.facebook.com/TuhanSelaluBukaJalan

Mungkin kita sering mendengar perdebatan mengenai gereja. Gereja sesat jelas tidak masuk hitungan, namun ironisnya adalah yang diperdebatkan adalah sama-sama gereja TUHAN dengan doktrin-doktrin yang berbeda menurut pemahaman mereka masing-masing. Langsung saja saya ambil contoh aliran Protestan dan Karismatik yang seringkali jemaat yang "kurang dewasa" memperdebatkan siapa yang benar dan siapa yang salah. Aliran Advent, Bala Keselamatan dan mungkin ada beberapa aliran yang kita pun tidak tahu.

Markus 9 : 38 - 41
Kata Yohanes kepada Yesus: "Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita." Tetapi kata Yesus: "Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorangpun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku. Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya."

Mari kita belajar dari langsung dari YESUS. Yohanes, murid YESUS, melihat ada orang yang bukan pengikut YESUS mengusir setan dalam nama YESUS, lalu Yohanes mencegah orang tersebut. Kisah ini sungguh ekstrim! Bayangkan di jaman sekarang saja berbeda aliran gereja bisa jadi masalah, sedangkan di jaman itu YESUS masih ada namun ada orang lain yang berbeda golongan juga mengadakan mujizat, apakah jika kita ada di jaman itu akan menyebut orang ini sebagai aliran sesat? Namun apa yang YESUS katakan, DIA melarang Yohanes untuk mencegah orang tersebut melakukan mujizat. 

Lalu YESUS memberikan pengertian yang sangat bagus. Pertama, tidak ada seorangpun yang bisa mengadakan mujizat demi nama YESUS lalu mengumpat NYA. Artinya adalah kalau mujizat itu terjadi karena kehendak YESUS dan YESUS tidak akan salah pilih untuk menaruh mujizat pada seseorang. kedua, barang siapa tidak melawan kita maka dia di pihak kita. Siapapun yang berseru kepada YESUS adalah teman dan saudara kita, tidak perlu kita cari-cari kesalahan mereka namun kita harus saling membantu untuk bertumbuh bersama di dalam YESUS. Ketiga, saat ada orang yang memberi kita minum secangkir air oleh karena kita pengikut KRISTUS ia tidak akan kehilangan upahnya. Saat kita memberkati pengikut KRISTUS maka semua perbuatan kita akan diperhitungkan oleh YESUS di sorga, jadi tidak akan ada perbuatan kita yang sia-sia.

Saya pernah berbincang-bincang dengan salah satu pelayan TUHAN yang saat itu mengkritik suatu KKR yang di dalamnya ada mujizat kesembuhan. Dia berkata bahwa itu hanya skenario dan sebagainya. Tapi satu hal yang saya tangkap dari pelayan TUHAN tersebut adalah dia iri dengan gereja-gereja yang maju dan dapat berbuah bagi KRISTUS. Namun sekali lagi, sikap iri hati tidak akan berbuah apa-apa selain rasa sakit hati. Lebih baik jika kita boleh bersyukur jika ada orang-orang boleh berbalik, bertobat, dan mengenal KRISTUS walaupun itu karena pelayanan orang lain, karena tujuan akhir kita adalah satu, yaitu menyenangkan hati TUHAN. "IRI" lah dalam hal yang positif, yaitu saat kita melihat ada orang yang berbuah kita pun ingin untuk berbuah lebih untuk KRISTUS, bukan dengan saling menjatuhkan tetapi dengan saling berlomba dan saling membangun di dalam tubuh KRISTUS.

Mari kita sama-sama belajar untuk menghilangkan kecurigaan kita kepada sesama tubuh KRISTUS. Ingat tujuan akhir kita bukanlah membesarkan komunitas kita, tetapi membesarkan komunitas kerajaan SORGA, marilah kita boleh mengubah perdebatan kita menjadi hubungan yang saling membangun.

Matius 28 : 19 - 20
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

TUHAN YESUS beserta dengan kita...!

untuk pertemanan follow @DavidHimapastra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar