Senin, 14 Januari 2013

UNSTOPPABLE


Unstoppable (2010) adalah sebuah film yang menceritakan sebuah kereta yang berjalan sendiri karena keteledoran seorang masinis. Singkatnya film ini menceritakan usaha dari Frank (Denzel Washington) untuk menghentikan kereta tersebut. Segala cara dicoba namun tidak ada yang dapat menghentikan kereta tersebut selain dari dalam kereta itu sendiri.

Saat melihat film tersebut saya mulai menyadari bahwa manusia pun demikian. Tanpa ada yang mengendalikan maka manusia juga bisa menjadi unstoppable atau bahasa umumnya adalah liar. Manusia memang terbatas, namun batas dari keterbatasan manusia itu sangatlah tinggi. Bayangkan saja di jaman dahulu terbang hanyalah sebuah mimpi namun tetap saja bisa diwujudkan oleh manusia. Komunikasi saat ini sangatlah mudah hingga jarak bukanlah masalah. Guinness World Records adalah bukti dari kehebatan manusia dan hebatnya lagi adalah hingga saat ini masih banyak orang yang berhasil memecahkan rekor sebelumnya dan menciptakan rekor yang baru dan lebih mendekati mustahil. Namun kembali lagi, kemampuan yang hampir tidak terbatas jika tidak ada masinis maka akan menjadi liar dan akan merusak diri kita sendiri maupun hal-hal di luar kita.

2 Korintus 5 : 14 - 15
Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati. Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka.

Siapakah masinis di dalam kehidupan kita? Saya harap jawaban kita sama, yaitu ROH KUDUS. Pada mulanya kita dikuasai oleh dosa dari Adam dan Hawa, namun dengan pengorbanan YESUS KRISTUS kita sudah ditebus dan bebas dari hutang maut. Namun bukan berarti kita aman, iblis masih terus gencar untuk menarik kita dari ALLAH dengan berbagai tipu muslihat. Banyak orang-orang di dunia yang membuat saya kagum namun benar-benar ironis jika mengetahui bahwa kehebatan yang mereka miliki bukanlah untuk ALLAH namun untuk dunia dan untuk dirinya sendiri.

Amsal 16 : 32
Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

Memecahkan rekor dunia bukanlah hal yang mustahil dilakukan oleh manusia, karena memang pada dasarnya manusia adalah ciptaan TUHAN yang paling mulia dan diciptakan serupa dengan gambar ALLAH yang adalah tidak terbatas. Namun firman TUHAN mengatakan bahwa yang terpenting bukanlah hal-hal mustahil yang kita lakukan namun hal terpenting adalah tentang pengendalian diri.

Sebenarnya sama, bisa atau tidak kita mengendalikan diri pada kodratnya kita mampu melakukan hal-hal yang mustahil namun yang membedakan adalah hasil akhirnya, apakah kita akan berbuah ataukah kita akan mengakhirinya dengan kesia-siaan. Sering saya mendengar cerita tentang konglomerat yang memiliki harta berlimpah namun berakhir dengan keluarga yang berantakan, dan juga tidak jarang dari orang-orang yang kaya raya namun harus menghabiskan hidupnya di kamar karena keterbatasan fisik, apakah hal itu yang kita cari?

Firman TUHAN mengajarkan bahwa semuanya harus seimbang. Kita adalah unstoppable nyata di dunia ini, namun mau dinilai seperti apa diri kita adalah tergantung dari dalam diri kita sendiri. Apakah kita mau dikenal sebagai seorang yang liar ataukah seorang yang menjadi berkat bagi sesama. Pastikan bahwa ROH KUDUS lah yang menjadi masinis dalam hidup kita sehingga hidup kita juga akan berbuah bagi orang lain dan saat ROH KUDUS menguasai hidup kita maka segala aspek hidup kita pun akan terus diangkat naik dan tidak akan turun.

1 Korintus 9 : 25 - 27
Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi. Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul. Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

IMMANUEL!!!
TUHAN YESUS beserta kita...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar