Selasa, 29 Januari 2013

Marketing Yourself...!

Untung-rugi sudah menjadi makanan sehari-hari bagi seorang wirausaha, namun walau demikian kerugian masih tetap terasa pahit, itu wajar karena memang pada dasarnya manusia bekerja untuk mengejar keuntungan. Adanya resiko dalam pekerjaan itulah yang membuat beberapa orang lebih suka menjadi bekerja di bawah perusahaan dengan pendapatan tetap disertai dengan bonus atau komisi. Bukan berarti tanpa resiko namun resiko yang mungkin terjadi masih dalam peluang dan nilai yang lebih kecil.

Saya pun beberapa kali mengalami hal tersebut. Namun ada satu pengalaman dari teman saya yang cukup menyakitkan dalam pekerjaannya sebagai travel agent. Dia bercerita pada saya bahwa keuntungan dari penjualan tiket pesawat sangatlah kecil, hanya sekitar dua sampai tiga persen, namun satu kali dia teledor dimana dia memesankan tiket dengan tanggal yang salah dan untuk satu rombongan maka dia harus menanggung kerugian tersebut. Bayangkan, dengan keuntungan tiga persen maka kesalahan satu tiket pesawat harus dia bayar dengan keuntungan dari tiga puluh empat penerbangan pesawat dengan harga yang sama. "Namun apa boleh buat, itu bukan kesalahan klien, itu karena keteledoran saya", katanya dengan nada sedih.

Dari pengalaman di atas, saya belajar sesuatu tentang tanggung jawab dalam berbisnis. Kejadian di atas merupakan pukulan yang berat, namun dengan tanggung jawab maka bisnis kita akan terlihat profesional. Ada satu kalimat menarik, "kepercayaan tidak dibangun dalam satu hari, namun setiap hari". Apakah rahasia dari sebuah bisnis? Kepercayaan, apalagi bisnis kita bergerak di bidang jasa.

Banyak cerita dan kesaksian dari teman-teman saya di asuransi dan properti. Tidak ada perbedaan yang terlalu menonjol dari produk yang mereka jual kepada klien, namun satu hal yang membuat klien mereka membeli adalah karena kepercayaan yang klien itu dapatkan dari sang penjual. Dalam dunia marketing ada istilah "Marketing Yourself", artinya sebelum kita menjual produk maka kita harus bisa menjual diri kita terlebih dahulu.

Jika kita bisa menjadi marketing yang hebat di dunia, ada baiknya kita menggunakan kemampuan kita juga untuk memarketingkan kerajaan SORGA, sehingga melalui apa yang kita perbuat nama TUHAN juga dipermuliakan.

IMMANUEL! TUHAN YESUS beserta kita...!

Untuk Persahabatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar